Wednesday, October 12, 2016

Instalasi Cassing Jetpump

Wednesday, December 3, 2014

Membuat Sumur Bor baru

Akhirnya yang kami takutkan itu datang. Pompa air dirumah kami tidak lagi mengeluarkan air lagi, kalaupun keluar debit airnya sangat kecil sekali. Sebenarnya sudah lama kami ingin membuat sumur bor yang baru, tapi keinginan itu selalu batal entah karena musim hujan datang sehingga jumlah air yang didikirimkan oleh pompa air kami yang lama normal kembali atau karena kondisi keuangan kami yang lagi cekak hehehe.

Hampir selama seminggu pompa air dirumah hidup lebih dari 3 jam sekali hidup dipagi hari dan jumlah air yang dikumpulkan hanya sebanyak 2 ember, sehingga kami harus sangat sangat berhemat dalam menggunakan air. Bahkan yang membantu kami dalam mencuci pakaian harus membawa pakaian kotor kami kerumahnya dan dicuci disana dan kadang anak-anak kami harus menumpang mandi dirumah si mbak.

Akhirnya kami berdua membulatkan tekad untuk membuat sumur bor yang baru dirumah kami. Sebenarnya saya ingin kalau pengeboran dilakukan ditempat yang sama dengan lokasi pompa air kami sekarang. Akan tetapi sepertinya luas tempatnya kurang memungkinkan dilakukan disana, maka diputuskan kalau lokasi pengeboran dilakukan didepan rumah seperti tetangga yang lain. Kalau tetangga yang lain kadang melakukan pengeboran di lapangan didepan rumahnya. Berhubung didepan rumah kami adalah rumah tetangga yang lain maka pengeboran terpaksa dilakukan di dalam halaman rumah kami.

Pada pertengahan bulan November 2014, kami mulai mencari-cari tukang bor yang akan kami gunakan nantinya untuk melakukan pengeboran sumur yang baru. Disekitar rumah kami terdapat beberapa tukang bor sumur. Kami ingin bertanya sebanyak mungkin mengenai informasi yang mungkin kami dapatkan mengenai membuat sumur bur ini. Saya pun juga mencari tukang sumur bor ini di Internet. Siapa tahu kalau sekarang tukang sumur bor juga melek internet (semua orang pasti ingin maju). Total ada 4 tukang sumur bor yang kami seleksi (mungkin bisa lebih banyak kalau nyarinya lebih santai). Dua tukang yang berada di dekat rumah saya dan dua lainnya yang saya dapatkan dari internet tapi masih disekitaran Bekasi (yang kata orang di planet lain). Kalau untuk urusan “jubir” saya menyerahkan urusan tersebut kepada bunda yang selalu setia menjadi ujung tombak dalam menghadapi orang lain hehehe. Pada saat menanyakan kepada Tukang A (saya sengaja menyimpan informasi detail tukang bor air untuk menjaga nama baik dari tukang) yang lokasi tokonya berada didekat rumah saya kalau disekitar rumah saya itu kalau ingin mendapatkan air bersih penggalian harus dulakukan sedalam 60 meter (60 m). Ok, sejak itu kami putuskan kalau nantinya kami akan melakukan pengeboran sedalam 60 mter. Ada dua alasan kami melakukan pengeboran sedalam itu, satu karena biar mendapatkan air bersih dan supaya nantinya pada musim kemarau masih mendapatkan air bersih.


Dari proses Tanya jawab kami dengan semua para tukang sumur (marketing) tukang gali itu didapatlah perbandingan informasi sebagai berikut:
 
Perbandingan tukang sumur bor air di Bekasi
Untuk Tukang A dan C adalah para tukang yang mempunyai toko disekitaran rumah kami, sedangkan untuk Tukang B dan D adalah tukang yang saya cari  dan dapatkan melalui internet. Akhirnya setelah berdiskusi dengan bunda akhirnya kami memutuskan kalau kami akan menggunakan jasa tukang bor D yang harganya lebih murah dan lama pengerjaan lebih cepat dan yang paling penting adalah kedalam pengeboran yang akan dimasukkan casing 4” (inch). Casing 4 inch dimana nantinya diletakkan mata jet. Semakin dalam semakin bagus karena pada musim kering nantinya mata jet pump akan terus terendam air karena ketinggian air akan turun. Kalau hanya 3 buah casing 4 inchi yang digunakan dan pada saat musim kemarau air tanah ketinggiannya turun dan mata jet tidak digenang oleh air maka dipastikan kalau pompa tidak bisa menghisap air. Tentu saja kalau meletakkan mata jet sedalam 40 meter diperlukan juga pompa yang prima yang daya hisapnya juga bisa menghisap air dari kedalaman yang jauh.

Untuk pompa sendiri saya membeli sendiri pompanya di Gloodok dengan harapan mendapatkan harga murah. Pilihannya jatuh ke merk “WASSER” yang tipe PC 380 EA. Untuk ceritanya akan saya ceritakan lebih lanjut di sini (Membeli pompa air baru).

Pada tanggal 21 November 2014, kami menelpon tukang sumur bor yang akan kami gunakan jasanya nanti untuk melakukan survey lokasi (maksud hati kami). Kami ingin bertanya apakah kami bisa ketempat dia dan ingin bertanya beberapa hal terlebih dahulu sebelum kami memakai jasa dia. Akan tetapi dia sedang berada diluar dan tidak bisa ditemui. Kami berdua akhirnya memutuskan tetap memakai jasa tukang bor ini walaupun belum mengetahui dan bertemu sama sekali. Kami meminta tukang bor ini datang kerumah untuk melakukan survey lokasi pengeboran dan membicarakan kapada dilakukan pengeboran tersebut. Tukang bor bisa datang siang hari, sedangkan kami sedang keluar kota  company trip yang diadakan oleh perusahaan bunda (ceritanya disini). Jadi saya akan infokan kapan bisa mereka datang kerumah kami untuk melakukan survey.

Sesampainya kami dirumah setelah pulang dari company tripnya kantor bunda, saya langsung sms Pak reza untuk meninformasikan bahwa kami telah dirumah dan bisa dilakukan survey. Dia akan datang kerumah diatas jam 8 malam ternyata. Ya udah kami tunggu saja. Kamipun tertidur karena kecapaian pulang dari Hambalang Bogor.

Sekitar Jam 8.30 malam pak reza menelpon saya kalau dia sudah berada didekat rumah saya. Tidak beberapa lama kemudian diapun sampai dirumah kami dengan kedua teman (atau siapun itu). Saya mempersilahkan mereka masuk dan ternyata mereka semua ahli hisap semua (alias merokok hahaha). Lumayan ada teman hehehe.

Dalam percakapan ini kami akhirnya hanya menggunakan jasa pengeboran saja. Untuk pembelian material akan dilakukan oleh kami sendiri, nanti pada saat dilakukan pemasangan pipa tukang akan menuliskan apa saja kebututuhan yang mereka butuhkan. Hari pengeboran pun telah kami tetapkan yaitu pada hari 26 dan 27 November 2014. Waduhhhhhh itu hari kerja yah. Terpaksa ambil cuti lagi. Pak Reza (selaku marketing) akan kembali menelpon saya sehari sebelum pengeboran dilakukan untuk memastikan kalau pengeboran bisa dilakukan.

Ada satu masalah besar lagi yang mengganjal untuk melaksanakan pengeboran tersebut, yaitu harus tersedianya air dalam jumlah yang banyak. Saya bertanya berapa banyak air yang dibutuhkan untuk melakukan pengeboran. Pihak pengebor mengatakan untuk melakukan pengeboran saya minimal dibutuhkan 3 gentong air (drum limbah yang berwarna biru). Sedangkan untuk mengurasnya akan membutuhkan air yang lebih banyak. Woalahahhhhhhh. Saya ini melakukan pengeboran karena kesulitan air kok minta air banyak….. weleh-weleh. Ampun bener dah. Ini menambah beban lagi. Pak Reza memberikan masukan kalau mereka bisa mencari air ke kali yang terdekat untuk pengeboran, karena pengeboran bisa menggunakan air kotor. Sedangkan untuk pengurasan harus menggunakan air bersih. Saya berpikir untuk membeli air keliling dengan gerobak, tapi berapa banyak uang yang mesti saya sediakan. Awalnya kami tidak ingin memberatkan tetangga untuk meminta air kepada mereka. Akhirnya kami meminta datang kerumah tetangga kami Pak Dayat. Kami sekeluarga termasuk Azra dan Nabil datang ke sana untuk meminta ijin meminta air. Dengan tangan terbuka mereka bersedia memberikan airnya kepada kami. Alhamdulillah, satu masalah selesai. Kami tidak mungkin meminta bantuan ketetangga sebelah kami yang lain karena satu dan lain hal hehehehe……

Tepat pada hari H pengeboran sumur bor yaitu tanggal 26 November 2014, saya tetap mendapatkan tugas wajib untuk mengantarkan bunda kerja ke kantor (walaupun cuti huhuhuhu). Saya menunggu para pekerja dahulu sebelum berangkat mengantarkan Bunda. Sebelumnya jam 6.30 saya juga harus mengantar Azra ke sekolah dan meminta untuk dijemput dari sekolah mumpung ayahnya cuti (waduhhhh). Pada jam 7.30 pagi para pekerja yang akan membuat sumur datang kerumah kami dengan terlebih dahulu bertanya ke warga sekitar rumah saya.

Saya menunjukkan kepada salah seorang dari 5 orang yang akan bekerja dirumah untuk mengebor sumur. Awalnya saya kaget juga banyak banget nih orang kerjanya, mana kemaren belum ditanya makan siang siapa yang nyediain Selesai saya menunjukkan tempatnya saya langsung tinggalkan karena harus mengantarkan bunda kekantor (sudah telat banget soalnya). Sebelum saya pergi saya mengeluarkan mobil dahulu dari garasi supaya para pekerja lebih lega bekerja dirumah kami, secara rumah kami tidak terlalu besar.

Saya memacu motor dengan cepat dengan harapan saya bisa melihat bagaimana proses pengeboran itu sendiri. Sekitar jam 10an saya sampai kembali ke rumah (kemana aja euyyy). Saya harus mengurus keperluan ini itu dan lain-lainya (sok sibuk)…….

Beberapa ratus meter mendekati rumah saya masih tenang soalnya saya tidak mendengar kebisingan akibat pengeboran. Akan tetapi tidak jauh dari rumah saya saya mendengan suara mesin generator dihidupkan dan saya terkejut ternyata ada banyak mesin yang mereka bawa kerumah total ada 4 mesin yang mereka bawa.

Adapun peralatannya yang digunakan adalah:
1.        Mesin Generator Utama
Berfungsi untuk mensuplai pasokan listrik ke mesin Bor sumur.
Generator
2.     Mesin pompa 1
Berfungsi untuk mengirimkan air kebawah/ ke mata bor dan menghisap air dalam penampungan.

Pompa Air
3.       Mesin Bor dan  penyangga.
    Berfungsi untuk melakukan pengeboran. Mesin bor ini digerakkan oleh sebuah motor besar yang listriknya disuplai oleh generator. Motor ini bisa berputar berlawan arah tergantung keinginan dari operator yang bisa memindahkan switch. Dengan menggunakan belt motor tadi dihubungkan dengan shaft yang berhubungan dengan reduction gear. Kemudian disambung dengan pipa pengeboran.
    Mesin Bor
    4.       Mesin Pompa 2
      Mesin ini tadinya berfungsi untuk mencari air kalau persediaan air dirumah saya tidak mencukupi. Tadinya saya heran kenapa air comberan dirumah kering ternyata dihisap oleh pompa ini untuk proses pengeboran. Terakhir digunakan juga untuk menguras air kotor di dalam sumur bor dengan cara menginjeksikan air bersih kedalam lobang.

      5.       Pipa Pengeboran
        Berfungsi untuk memperpanjang mata bor masuk kedalam tanah. Panjangnya tergantung dari sipembuat. Pada tukang bor kami panjang pipa yang digunakan adalah  1,6 meter.
        Pipa bor
         6.       Drum/ Gentong air
        Berfungsi unutk menampung air bersih dan air lumpur yang keluar akibat pengeboran. Untuk air bersih digunakan 3 gentong sedangkan air kotor/ lumpur digunakan 1 buah gentong.
        Penampungan Air

        7.       Saringan
          Berfungsi untuk menyarik tanah dan bebatuan akibat pengeboran.


          8.       Peralatan Pendukung lainnya
            Seperti ember, rokok, kunci pipa, dll.

            Adapun proses pengeboran terbagi atas 2 tahapan besar.

            •              Pengeboran dengan menggunakan mata bor besar.

              Pengeboran ini direncakanan sampai kedalam 40 meter untuk memasukkan 10 buah pipa diameter 4 inch.  Sampai kedalam inilah mata jet bisa direndam.

              •           Pengeboran dengan menggunakan mata bor kecil

                Pengeboran ini merupakan kelanjutan dari pengeboran sebelumnya. Pengeboran dilakukan sampai kedalaman 60 meter sehingga bisa memasukkan casing 2 inch sebanyak 5 buah. Pada pengeboran tahap ini mata bor diganti dengan mata bor yang lebih kecil.

                1.       Pengeboran dengan menggunakan mata bor besar.
                Sebelum melakukan pengeboran mereka akan membuat lubang dengan ukuran sekitar 60cm x 60 cm x 30 cm didekat titik pengeboran dan kemudian membuat saluran air dari titik pengeboran ke lubang tersebut. Guna dari lubang tadi adalah untuk menampung air yang keluar dari titik pengeboran akibat disuntik oleh pompa air . Biasanya air yang keluar membawa material pasir, lumpur atau kadang kerikil. Pompa air yang menyuntikkan air ke mata bor juga mngeambil air di bak penampungan ini. Kadang kalau airnya sudah kotor dan banyak mengandung lumpur maka akan diganti dengan yang baru.

                Mesin bor yang langsung digerakkan oleh mesin kecil
                Saya melihat mesin yang mereka gunakan ini berbeda dengan mesin tukang bor yang pernah saya lihat. Saya pernah melihat pengeboran didekat rumah saya kalau mereka tidak menggunakan generator tapi langsung menggunakan mesin pompa yang ditempel diatas mesin bor. Operator mesin bor jenis itu tenaganya kecil dan kalau menghantam batu akan susah sekali berbeda dengan yang mereka gunakan. Biasanya kalau mesin bor jenis itu mereka akan mengebor kecil dahulu sampai 60 meter dan kemudian dilanjutkan untuk menggunakan mata bor yang besar.
                Proses pengeboran berlangsung

                Dalam bekerja sepertinya mereka sudah ada pembagian tugas. Ada yang bertugas memantau mesin dan kondisi pengeboran. Ada yang bertugas mengangkat kotoran atau pasir atau tanah yang mengendap dengan menggunakan saringan. Ada yang bertugas menambah air kedalam bak penampungan. Dan bertugas membuang tanah atau pasir kedalam karung plastik. Oh… iya saya lupa kalau jangan lupa mempersiapkan karung plastik yang banyak jika lokasi pengeboran tidak terdapat tempat untuk membuang pasr atau tanah yang keluar akibat pengeboran.

                Pada jam 11an operator meminta saya membeli barang-barang yang mereka butuhkan pas pemasangan casing 4” , karena sebelum menggebor dengan diameter 2 inch mereka ingin memasang pipa casing terlebih dahulu supaya pasirnya tidak jatuh. Adapun daftar barang yang saya beli adalah sebagai berikut:


                Bon Belanja Pipa dkk 1

                Bon Belanja Pipa dkk 2
                Bon Belanja Pipa dkk 3


                Sekitar jam 1 siang saya pergi ke toko material didepan komplek rumah saya untuk berbelanja. Sabernarnya ada satu toko lagi yang diinformasikan paling murah se-Jabodetabek (kata Pak Reza) menjual pipa-pipa ini tapi sayangnya mereka tidak mau mengirimkan ke area rumah saya padahal jaraknya tidak terlalu jauh. Kalau si engkohnya minta tambahan transport saya kasih tapi malah belagu gitu.. ya udah deh saya beli didepan komplek saja.

                Tidak lama berselang saya kembali kerumah, total belanja saya hari ini saya 3,7 lebih juta hanya untuk membeli pipa dan kawan-kawan (diluar pompa yah). Untuk Pipa sendiri saya pilih “WAVIN AW” yang dibawah “RUCIKA” dan untuk sambungan pipa saya pilih merk “RUCIKA”. Untuk Katup keluar saya memilih ukuran ¾ inch lebih besar dari yang disarankan dan saya membeli yang berbahan tembaga yang harganya lebih mahal (huhuhuhu…….) dengan harapan lebih tahan lama. Sedangkan katup bawah yang berfungsi menahan air supaya tidak jatuh hanya ada merk “ONDA” padahal operator menyarankan merk “YORK”. Katanya bahannya lebih bagus.

                Beberapa menit berselang pengantar material pun datang mengantarkan pipa dan kawan-kawanya. Terjadi salah pengiriman untuk pipa hisap yang seharusnya berukuran 1 ¼ Inch tetapi yang dikirim ukurannya 1 ½ Inch. Terpaksa mereka bawa kembali untuk menukar dengan pipa yang benar.

                Awan tebal bergelayut di langit Bekasi dan tidak beberapa lama hujan turun dengan derasnya. Pekerjaan tetap dilanjutkan dengan menutup mesin dengan terpal. Akan tetapi pengeboran dipaksa berhenti total  karena petir bersahut-sahutan diatas langit Bekasi. Dengan sigap operator mematika mesin generator dan kemudian berhenti bekerja. Saya bertanya “Pak kenapa mereka berhenti bekerja?”. Si bapak menjawab “Takut tersengat listrik pak. Soalnya pernah saat ada petir. Ada aliran listrik yang seperti sinar menjalar di kabel”. Ngeri juga nih pekerjaan.

                Selang 30 menit kemudian pekerjaan dilanjutkan dengan pengeboran sembari operator memperhatikan lapisan tanah yang keluar dari pengeboran. Air bersih terus disuplai dari rumah Pak Dayat (terima kasih banyak Pak Dayat). Sepertinya untuk pengeboran ini lebih dari 12 Gentong air berukuran besar itu dibutuhkan.

                Kondisi depan rumah kami saat itu sangat sangat berantakan, kotor dan berisik. Untung saja tetangga sebelah kanan tidak protes, biasanya sih dia rajin protes mulu. Ini itulah, sudah terkenal sih.
                Sampai suatu waktu kepala proyek pengeboran (hehehe) menginstruksikan kalau sudah mencapai kedalaman yang diinginkan. Dia meminta rekannya untuk mempersiapkan pipa paralon yang ukuran 4 inchi untuk dimasukkan kedalam bekas pengeboran. Tapi terlebih dahulu mereka mengangkat pipa besi yang digunakan untuk mengebor, karena jumlah pipa banyak maka untuk beberapa pipa pertama masih menggunakan Crane. Sedangkan sisanya karena sudah lumayan ringan menggunakan beberapa kunci pipa untuk menggangkat .

                Pengangkatan Pipa Bor
                Pemasangan Pipa Paralon 4 Inchi

                Setelah selesai mengangkat pipa besi dan mata bor. Pipa paralon 4 inchi langsung dimasukkan dan tidak lupa diberikan lem paralon. Berhubung paralon 4 inchi lumayan berat dibutuhkan lebih dari 2 orang untuk mengangkat dan memasang pipa tersebut.

                2.       Pengeboran dengan menggunakan mata bor kecil
                Waktu hampir menunjukkan jam 4 sore ketika para pekerja selesai memasukkan pipa paralon yang 4 inchi kedalam lubang pengeboran. Pekerjaan diteruskan dengan penggantian mata bor dengan yang lebih kecil dan kemudian memasukkan mata bor tersebut kedalam lubang dan juga memasukkan pipa besi sampai pipa besi bisa disambungkan kembali dengan mesin. Sampai kondisi itu kemudian para pekerja berhenti bekerja dan kemudian mempersiapkan diri untuk pulang. Semua peralatan mereka tinggal dirumah kami dan disusun dengan rapi didepan rumah saya. Tidak lupa mereka membersihkan lantai rumah saya yang kotor walaupun alakadarnya. Yah paling tidak ada niat lah mereka. Generator, pompa air, mesin bor, pipa besi bor dan semua peralatan lainnya mereka ditinggal. Setelah itu mereka membersihkan diri mereka dan mengganti baju dan kemudian pamit pulang.

                Malamnya badan kok jadi pegel-pegel banget ya. Padahal yang mengebor kan mereka kenapa saya yang kecapaian? Hahaha.. baru ingat kalau dari pagi saya memperhatikan mereka bekerja dengan berdiri. Tidak berapa lama ngobrol dengan bunda saya langsung tidak sadarkan diri.
                Keesokan  harinya saya agak pagian mengantarkan bunda ke kantor dengan harapan bisa melihat mereka bekerja. Jam 9.30 pagi saya sudah berada kembali dirumah dan para pekerja pengeboran sudah berada dirumah dan melanjutkan pekerjaan mereka.

                Pekerjaan hari ini adalah melanjutkan pengeboran yang menggunakan mata bor yang lebih kecil. Pada beberapa batang pertama mereka sepertinya menemukan tanah yang keras, soalnya masuknya pipa pengeboran kadang lambat sekali kadang diulang naik turun. Sampai suatu waktu air yang keluar dari dalam tanah itu seperti susu. Pipa pengeboran bisa masuk dengan mudahnya.
                Pada hari ini ada tambahan 2 orang pekerja yang datang ke rumah, saya pikir mereka hanya melihat saja tapi ternyata mereka ini adalah yang kana merakit pipa yang tersisa dan juga merakit pompa air yang telah saya beli di Glodok beberapa waktu yang lalu.  

                Pipa pengeboran  terus ditambah sampai semua pipa besi yang berada diluar habis dimasukkan kedalam tanah. Sampai itu pula para pekerja berhenti bekerja dan mulai mengangkat pipa besi untuk keluar dari dalam tanah. Cara pengerjaan sama seperti dengan kemarin. Pertama di angkat menggunakan crane karena jumlah pipa besinya lebih dari 30 buah.

                Mereka bergantian menarik crane untuk mengangkat pipa besi dibutuhkan 5 orang dan 1 orang menahan pipa besi agar tidak jatuh dengan menggunakan kunci pipa.
                Pengangkatan pipa lagi

                Pemasangan pipa tekan dan pipa hisap
                Pekerjaan kemudian dilanjutkan dengan menguras air kotor yang berada didalam pipa paralon. Penguran dilakukan dengan menyuntikkan air bersih yang telah dipersiapkan sebelumnya pada 4 buah gentong yang telah diisi air dari rumah Pak Dayat. Penyuntikkan dilakukan dengan menggunakan pompa yang kecil kemudian air yang keluar dari dalam lobang ditambung di bak yang telah dibuat sebelumnya. Air dalam bak ini kemudian dikirim lagi ke selokan depan rumah saya dengan menggunakan pompa yang lain. Jadi ada 2 pompa yang hidup secara bersamaan. Setelah air yang keluar dari dalam tanah itu agak benik kemudian penyuntikan dihentikan.

                Kemudian pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan atau memasukkan pipa 2 inchi kedalam lobang pengeboran. Setelah pipa 2 inchi dimasukkan kedalam lubang, kemudian pipa kecil. Kemudian mata jet dipasang kemudian dipasang juga pipa 1 ¼ inchi untuk pipa hisap dan pipa 1 inchi unutk pipa tekan (CMIIW). Setelah itu pipa dipasngkan ke pompa air yang telah saya beli dan dirakit sebelumnya. Untuk pemasangan pipa hisap dan pipa tekan dihubungkan dengan sambungan ulir bukan dilem seperti pada casing 4 inchi dan 2 inchi.

                Sekitar jam 4an semua pekerjaan telah selesai dan para pekerja pun mulai bersiap-siap pulang. Semua peralatan siangkut keatas mobil bak terbuka yang mereka bawa. Saya ditelpon oleh pak reza agar memberika uang jasa pengeboran  kepada pak winata. Sayapun mengajak pak winata kedalam rumah untuk memberikan uang jasa pengeboran tersebut. Setelah Pak Winata selesai menghitung kemudian dia dan pekerja pamit pulang.
                Air yang keluar pertama kali
                Saya terus menguras atau mengeluarkan air dari dalam tanah dengan menggunakan pompa saya. Cukup lama saya membuka keran sampai air dirumah agak bening. Kata para pnegebor sekiatr dua hari kalau dikuras terus air akan bersih. Saya menguras paling hanya 1 jam paling lama kemudian saya hentikan dan malam saya lanjutkan lagi. Akan tetapi keesokan harinya air didalam pompa habis jadi pompa tidak mengeluarkan air. Saya mencoba untuk memancing dan saya masih beripikiran positif kalau tidak ada masalah. Keesokan harinya saya juga tetap harus memancing air sebelum dikuras. Pada tanggal 30 November 2014, saya kemudian menelpon Pak reza unutk menceritakan kronologisnya. Dia menjanjikan kalau senin akan diperbaiki dan saya diminta untuk membeli Katup atau yang lebih dikenal tessen klep merk “YORK” Karena dicurigai komponen itu yang bocor.

                Senin terpaksa lagi saya mengambil cuti dadakan dikantor karena harus menunggu para tukang yang akan membenarkan saluran pipa. Paginya saya mesti berkeliling Jatiasih untuk mencari komponen tersebut. Karena di toko material komponen tersebut dijual yang berbeda merk sedangkan yang merk “YORK” hanya dijual di toko tukang bor sumur. Tidak lupa pula saya membeli tambahan seal tape untuk mengganti atau menambah tape pada sambungan pipa.

                Tidak beberapa lama saya sampai dirumah para tukang pun sampai dan langsung bekerja. Mereka dating 3 orang. Mereka mengangkat semua pipa dari dalam sumur dan juga mengganti tessen klen dengan yang telah saya beli tadi, juga mereka menambahkan pemasangan seal tape pada tiap sambungan. Setelah semua dipasang kebocoran tidak lagi terjadi. Alhamdulillah.

                Adapun total pengeluaran saya dalam melakukan pengeboran ini adalah sebagai berikut:

                •  Biaya Jasa penegboran                  Rp. 6.000.000,-
                •  Beli Matrial Pipa                            Rp. 3.900.000,-
                •  Beli Pompa Jet Pump                     Rp. 1.560.000,-
                • Tips pengantar pipa                       
                • Beli Snack untuk 2 hari                   Rp. 100.000,-
                • Beli Tessen klep merk “YORK”     Rp. 100.000,-
                • Tips perbaikan pipa                        Rp. 50.000,-
                Total Pengeluaran                        Rp. 11.710.000,-

                Dari cerita saya diatas saya ingin memberikan masukan kepada para pembaca semua (mudah-mudah berguna):
                •  Kalau ingin melakukan pengeboran sumur bor carilah yang terdekat dahulu untuk bertanya-tanya sampai kedalaman berapa meter air bersih didapat. Kalau informasi telah kita dapatkan pengeboran bisa dilakukan oleh pengebor yang lain hehehe. Buat perbandingan satu tukang dengan yang lain.
                • Usahakan kalau menggunakan jet pump pemasangan casing 4  inchi semakin banyak semakin bagus, karena nanti kalau kita ingin mengganti dengan pompa yang lebih kuta tidak masalah. Karena mata jet harus tetap terendam air, nah kalau casing 4 incinya Cuma sedikit dan pada musim kemarau mata jet tidak terendam air dipastikan air akan tidak keluar.
                • Buat perjanjian dengan  tukang bor nantinya sampai mendapatkan air bersih.
                • Kalau untuk keperluan sendiri gunakanlah pipa yang kualitasnya bagus seperti Rucika atau Wavin AW jangan yang biasa saja. Juga perhunakan katup Tessen klep yang merk “YORK”.
                • Kalau bisa perhatikan mereka sedang bekerja karena biar kita tidak ditipu (kalau mau sih).
                • Sediakan Karung plastik kalau tiada ada tempat pembuangan tanah hasil pengeboran disekitar rumah.
                • Pastikan kalau total pengeboran sesuai dengan perjanjian.
                • Survey beberapa toko material untuk mendapatkan ahrga material yang murah.
                • dll

                139 comments:

                1. terima kasih pa, infonya sangat panjang lebar dan membantu sekali, saya juga baru saja mengebor di depan rumah, cuma sekarng iarnya agak kecil dan bealum bersih jernih, saya masih menunggu janji tukang bor yg akan datang lagi untuk memperbaiki keadaan,s esuai dengan keinginan saya,
                  Reply
                  Replies
                  1. Wah kalau baru saja ngebor air ternyata airnya kecil itu perlu di komplen tuh pak. Jadi peranjian awal anatara kita dengan penyedia jasa perlu dipegang dan ditepati. Saya kemaren masalah juga dengan perpipaannya. Saya menelpon si tukang bor dan besoknya mereka datang untuk memperbaiki dan hasil air bagus. Kalau air sekarang sudah jernih tapi kadang masih bawa endapan gitu. Mudah-mudahan sebenatr lagi endapanya hilang.
                    Semoga air dirumah bapak lancar dan bersih sesuai dengan harapan bapak.
                2. Halo Ayah Azra,

                  Apakah bisa info no. tlponnya Pak Reza ?

                  Terima kasih,
                  Salam,
                  Adit
                  Reply
                  Replies
                  1. This comment has been removed by the author.
                  2. Silahkan om cuba telp di 0852181xxxxx... Yang penting tekankan sesuai dengan perjanjian.
                3. Informasinya sangat detil dan lengkap, bisa dibantu no.telpon masing masing pihak pengeboran, Dan tukang bor yg dipilih. Nabil.hilabi@yahoo.com
                  Reply
                  Replies
                  1. Silahkan om cuba telp di 0852181xxxxx... Yang penting tekankan sesuai dengan perjanjian.
                4. Informasinya sangat detil dan lengkap, bisa dibantu no.telpon masing masing pihak pengeboran, Dan tukang bor yg dipilih. Nabil.hilabi@yahoo.com
                  Reply
                5. pak, boleh nanya untuk pipa 2', pipa 11/4', pipa 1' dan pipa 1/2' yang ada di kuitansi buat apa aja ya?
                  dan bagaimana instalasi pipa2 tersebut. Penjelasan lainnya sudah jelas, maklum sedang bikin RAB..hehehe...
                  salam,
                  Reply
                  Replies
                  1. Pipa 2" buat sambungan pipa yang 4". karena pipa 4 inch masuk cuma 10 batang dan disambung pipa 2 incgi 5 batang ke bawah. jadi ini sebagai casing aja buat pipa peyedot. Kalau pipa 1 " dan 1 1/4" buat pipa hisap dan pipa tekan pompa air. sedangkan pipa 1/2 " buat instalasi ke rumah
                  2. pak pipa 2" tadi berarti di cemplungkan saja tanpa menyambung ke pipa 4". karena pipa 4" berada di kedalaman 40 meter sudah dipasangkan dulu dan baru dilakukan pemboran 2" sedalam 20 meter atau setara 5 btg pipa pvc 2" (4 btg+ 1btg diambil dari nota bapak di atas).
                    Pak kalo baleh tau ini maksudnya apa "Setelah pipa 2 inchi dimasukkan kedalam lubang, kemudian pipa kecil",.
                    pipa kecil itu pipa yang mana? dan mata jet di pasang pada ketinggian berapa?.
                    Oh iya pak, pada saat sebelum memasukan pipa casing 4" itu, pipa casing 4" nya disayat dengan gergaji??
                    Terima kasih atas penjelasan diatas.
                6. masih keruh. Dan di hari ke 2, baru bisa mendapatkan air jernih, setelah jetpump nyala selama 2 jam-an. Tp setelah saya rest 1 jam lalu start lg, ternyata ait kembali keruh lg. Apa memang masih demikian?.
                  Reply
                  Replies
                  1. Emang gitu kok pak normal itu. Ditempat saya dulu malah lebih dari seminggu. Sampai semua tanah atau kotoran yang dibawah terangkat semua. Kadang setelah beberapa lama dipakai air bersih kemudian dimatikan, seteah dihidupkan kembali air kembali keruh. Bersabar aja dulu pak. Biasanya air sudah bisa digunakan walau belum jernih.
                  2. Ooh begitu pak. Info sangat membantu sekali pak. Thanks ya
                  3. Iyapak yang penting rajin aja airny dikuras (dihidupkan) nanti dengan sendirinya air menjadi bersih, akrena kotoran yang dibawah yang terjadi akibat pengeboran akan terangkat. Sampai naninya hanyaair bersih yang keluar.
                7. Selamat pagi pak azra. Terimakasih artikel bapak sangat membantu saya mengetahui informasi tentang sumur pompa jetpump. Saya ingin bertanya pak. Saya telah menggunakan pompa jetpump dan sumurnya yang telah berusia sekitar 15 tahun. Selama 15 tahun itu tidak pernah ada kendala. Air selalu keluar dengan lancar. Namum dalam seminggu terakhir ini airnya tidak keluar. Dipancing pun airnya ga keluar bahkan ketika dipancing airnya tidak bisa penuh walaupun sudah di pancing sama beberapa ember air. Apakah itu gejala karena air tanah kami habis karna musim kemarau atau karena tessen klepnya yang bocor seperti yang bapak alami pertama kali?
                  Reply
                  Replies
                  1. Mungkin bapak lebih baik periksa dulu tetangga sebelah apakah mengalami hal yang sama dan kedalam pengeboran yang sama yah. kalau iya mungkin sedang kering. Tapi kalau tetangga tidak ada masalah maka yang masalah di pompa atau di perpipaan. Jadi konsultasi dengan tukang sumur pak. Soalnya air tidak keluar ada banyak penyebab. Seomoga bisa membantu.
                  2. ternyata tessen klepnya yang bocor setelah di cek oleh tukang sumur bor. terimakasih pak :D
                  3. Saya juga kadang ada aja masalahnya.... sebaiknya tessen pakai yang bagus sekalian. soalnya kalau sumur dalam ini ngangkat pipanya susah banget....
                8. Air ditempat saya masih kotor sudah berhari2 sy nyalakan jet pumpnya. Apakah ada kmngkinan pipa yg ditanamkan kurang dalam?
                  Reply
                  Replies
                  1. Berapa meter ya pak. dari yang saya baca kadang kalau posisinya kurang dalam air yang disedot masih kotor.
                  2. air kotor / keruh, untuk jetpump, betul kurang dalam; dan juga karena air jetpump adalah air resapan, dan teknik waktu pemasangan pipa juga pengaruh; bila lebih dalam tapi penempatan pipa casing tidak sesuai tetap saja air kotor dan berbau bisa saja masuk. ..www.sumurborindonesia.com
                9. waduh... saya ngebor sumur mata bornya patah didalem , gimana nih? Udah keluar air sih, tapi pipa besi sama mata bor ketinggalan didalam sumur, bisa bau ga ya airnya????
                  Reply
                  Replies
                  1. Kalau mata bor patah didalam ya biarin aja pak dan ibu, sepertinya susah diangkat besi ukuran segitu yang signifikan membuat bau.
                  2. Itulah kenapa tukang bor, bila disuruh untuk mendalamkan lubang bor yang sudah ada, tidak mau karena dikhawatirkan adanya pipa besi yang ada di dalam sumur tersebut. www.sumurborindonesia.com
                10. Alhamdulillah lengkap banget....terima kasih sudah mau share pak.
                  Reply
                11. waaah... ok banget nih info nya... rumah saya juga pompanya baru dibenerin, sudah 10 tahun tidak pernah ada masalah, baru kali ini. dan memang pipa Wavin kuat banget yaa... pipa yang saya gunakan pipa standard sih tapi kuat juga.. boleh juga nih info nya pipa AW ya... tadi saya cek website nya banyak juga macemnya ternyata! malah ada facebook sama twitternya juga... thanks mba Azra
                  Reply
                  Replies
                  1. Saya juga baru tau kalau wavin itu banyak tipenya pas liat di webnya. tapi biasanya kalau yang aneh-aneh itu jarang dijual. Paling bagus kayanya ya AW yang rada tebel CMIIW.
                12. selamat siang buk..terima kasih artikel yang sangat lengkap dan jelas..
                  saya mau tanya..sayasudah melakukan pengeboran kedalaman 70 meter..tapi airnya tidak keluar sama sekali?bgaiman ya buk solusinya..
                  tukang bor saya hubungin dan bilang katanya gak ada airnya,padahal saya sudah habis banyak..total hampir 22juta..
                  Reply
                  Replies
                  1. MasyaAllah...... Sebelum pengeboran sebaiknya dibuatkan perjanjian dengan tukang bornya sampai mendapatkan air bersih. Jadi kita ga usah bayar kalau belum juga dapat air pak/ibu.
                13. terimakasih penjelasannya bagus dan lengkap,

                  kalau sumur bor saya kering, sedangkan tretangga sebelah saya dengen kedalaman yang sama, tidak mengalami kekeringan, itu kenapa ya pak?
                  Reply
                  Replies
                  1. Jalur air tanah dibawah berbeda-beda pak (setau saya). kadang tetangga kita masih banyak air kita sudah kehabisan.
                14. Bu Azra pake pompa wasser dgn kapasitas hisap 40m apakah memadai utk galian 60m. Sedangkan di rmh saya ada pompa jetpump grundfos jd basic 3 dgn kapasitas hisap 30m apakah bisa dipakai untuk kedalaman 60m??
                  Reply
                  Replies
                  1. Sebaiknya pakai yang 60m saja sehingga daya hisapnya masih kuat kalau sedang musim kemarau. Kemungkinan musim kemarau air tanah tinggi akan turun sehingga kalau mesin tidak kuat daya hisapnya air tidak bisa naik. Semoga bisa membantu
                15. Pak mau tanya saya baru bor jet pump ke dlman nya 20 meter trs air kenceng tapi msh keruh...
                  Pertanyaan saya kira2 klw melebihi 20 meter ada dampak nya ga ya...sbb rumah tanah bekas kebon kangkung...
                  Tapi 20 meter itu udh dasar nemu titik pasir...
                  Kta tukang bor udh cukup bagus ga perlu dlm2...tolong jwb pak mksh...
                  Reply
                  Replies
                  1. Alhamdulillah kalau sudah menemukan air pada kedalaman tersebut. Akan tetapi kalau sudah membuat perjanjian 30 m sebaiknya dilaksanakan saja sampai kedalaman sesuai perjanjian. Kadang mereka malas mengebor lagi. Kalau masih baru dibor memang air masih keruh tapi akan menjadi jernih sendirinya. Kalau nanti musim kemarau dan ketinggian air turun tentu juga bisa berpengaruh pada kuantitas air yang keluar. Tanah bekas sawah yang biasanya susah dapat jernihnya.
                16. pak Azra saya sdg membuat sumur jg dg kedalaman 60m.
                  Mohon infonya, pd sumur yg bpk buat di kedalaman brp meter sp brp meterkah pralon 4" nya disayat dg gergaji?
                  Reply
                  Replies
                  1. Setau saya tidak ada yang gergaji. Yang digergaji kalau tidak salah yang 2 incinya yang di gergaji. jadi yan diambil itu air yang paling bawah. kalau yang 4 inci itu masih dibawah 40meter. kedalamannya sedangkan yang 2 inci mencaai 60 meter.
                17. Betul sekali untuk pipa casing yang digunakan untuk pembuatan sumur bor memang disarankan adalah casing tipe AW, dan hanya merk2 terrtentu yang betul betul kuat walaupun sama sama tipe AW. Pengalaman membuktikan untuk casing AW merk W, R, LG adalah yang paling bagus, dan untuk pipa sedot kami gunakan merk R. Kenapa sih gunakan AW? biasanya dalam memasukkan casing kadang kala lumpurnya masih penuh sedangkan sehingga harus di tekan dengan mesin bor, bila saat ditekan tidak kuat maka bisa patah di bagian bawahnya. www.sumurborindonesia.com
                  Reply
                18. Pak sy tertarik membc ini krn kbtln sy sdg bermasalah dg air
                  Sktr 2bln lalu sy sdh melakukan bor sumur tp trnyata hsl air msi keruh dan bau, sumur d kedalaman 25an
                  Nah, kmrn kt tkg bor sekalian sj d dalemin untk dpt air bgus tmbh 40mtr lg Jd 60 m

                  Pertanyaan sy, apakah dgn kedalaman trsb air pasti bgus pak? Krn sy sdg cr2 artikel trsbt
                  Sy takut uda gede biayanya tp ga dpt air bgs lg
                  Mhn pencerahanx
                  Tks
                  Reply
                  Replies
                  1. Saya di lobang yag lama cuma kedalaman 11 meter dan airnya jernih tetapi airnya bau kalau dicium, kemudian tukannya menyarankan 60m, akhirnya saya ikutin dan air yang saya dapatkan jernih da tidak berbau. Saran saya coba bapak survey di tukang bor disekitar rumah bapak dulu korek informasi sebanyak-banyaknya pada kedalaman berapa air bersih didaerah bapak didapat. Jangan hanya berpaku pada satu tukang bor cari 3-4 tukang bor di radius 1-5 km rumah bapak. Minta jaminan sampai air bersih dididapat, jangan sampai mereka ingkar janji, semoga bisa membantu.
                19. Pak mhn infonya, kbtln 2 bln lalu sy bru bor smp kdalaman 24 m tp trnyata smp skrg air sy msi bau dan keruh, sdg tetangga sy cm 20 m ud bgus
                  Kmrn kt tkg bor hrus di dlemin sekalian mpe 60 m untk dpt air bgus
                  Nah, apakah mmg kdalaman sgt air past bgus? galau jg nant uda keluar bnyk uang tp hsl tetep g bgus
                  T4 sy dulu bekas kebun, tanahx agak rendah dan bawahnya jauh ada sungai
                  Mhn infonya pak
                  Tks
                  Reply
                  Replies
                  1. Tidak semua pada kedalaman yang sama kita bisa mendapatkan air bersih. Karena air bawah tanah itu beda-beda jalurnya. Kadang kita beruntung bisa mendapatka air bersih yang dangkal. Seperti yang diatas saya bilang berkonsultasi dengan tukang bor yang dekat rumah dan jangan mencari informasi dari sedikit tukang bor cari sebanyak-banyak yang ibu bisa. Cari tukang bor yang bisa dipercaya. Minta jaminan sampai mendapatkan air bersih.
                20. Pak mhn infonya, kbtln 2 bln lalu sy bru bor smp kdalaman 24 m tp trnyata smp skrg air sy msi bau dan keruh, sdg tetangga sy cm 20 m ud bgus
                  Kmrn kt tkg bor hrus di dlemin sekalian mpe 60 m untk dpt air bgus
                  Nah, apakah mmg kdalaman sgt air past bgus? galau jg nant uda keluar bnyk uang tp hsl tetep g bgus
                  T4 sy dulu bekas kebun, tanahx agak rendah dan bawahnya jauh ada sungai
                  Mhn infonya pak
                  Tks
                  Reply
                  Replies
                  1. Sama dengan yang diatas yah jawabannya. semua harus dimoderasi dahulu. maaf atas ketidak nyamanannya
                21. Mohon infonya pak, kalau biaya jasa untuk gali sumur bor dikedalaman 20-25 meter kira2 berapa ya? Sumur bor lama saya panjang pipa jetpump keseluruhannya 16m, jadi saya perkirakan dalam sumur sekitar 20-25 m. Nah masalahnya airnya sering bau dan kotor banyak pasir ikut tersedot kalau musim hujan. Saya disarankan untuk membuat sumur baru dihalaman depan rumah (yg lama dibelakang) padahal. Tetangga2 sy yg lain airnya bagus2 saja, dgn spec yg sama. Katanya sih krn sumber air saya sudah dicemari air dari saluran got dibelakang rumah.. Mohon saran apakah sebaiknya sumur lama diperdalam saja atau memang harus buat sumur baru ya? Terima kasih sebelumnya
                  Reply
                  Replies
                  1. Sesuai dengan jawaban dari beberapa pertanyaan diatas. sebaiknya bapak survei ke tukang bor yang berada diradius 1-2 km dari rumah. Biasanya mereka yang lebih tahu di kedalaman berapa air bersih didapatkan. Seperti yang pernah saya lakukan. Kalau dulu saya tanya untuk range 30 meter itu 2 jutaan (itu dulu ya pak). Dulu dirumah saya air jernih bisa saya dapatkan di kedalaman 10m tapi air itu berbau besi. kalau musim kering pompa balan hidup terus selama 2 jam full dan airnya cuma keluar kecil. Setelah saya diskusi dengan beberapa tukang bor mereka menyarankan dikedalaman 60 meter. Maka saya lakukan. memang makin dalam makin bagus airnya. tapi kadang ada juga di kedalaman 20 meter air sudah mencul dengan deras.
                22. Pak artikelnya bagus
                  Saya mw tanya,jemarin saya sudah ngebor dgn kedalaman 30m, tp sdh 2hr ini airnya agak keruh kekuning2an dan jg berbau besi.
                  Apa ad yg salah dgn kedalaman segitu pak?
                  Trmh ksh
                  Reply
                  Replies
                  1. Sepertinya air sudah mulai kering pak akibat kemarau. Seperti yag saya alami dahulu. Air tanah saya berbau besi, akan airnya tetapi jernih. Sepertinya masih kurang dalam pak pengeboran dilakukan. Apakah sebelum mengebor sudah berkonsultasi dengan tukang gali sebelumnya. Maksud saya sebelum pengeboran apakah sudah berkonsultasi ke beberapa tukang bor. Pada kedalaman berapa meter dilingkuman bapak air yang bagus didapat?
                  2. Iy pak,padahal saya ad sumur kedalaman sekitar 17 mtr dan itu jernih tdk berbau karna musim kemarau ini sumurnya mengering.harus menunggu ada air bru bs di sedot.
                    Maka dr itu saya ambil keputusan utk pakai jet pump dan buat titik pengeboran yg tdk jauh dr sumur.tp hasil yg di dapat sudah 2minggu ini air msh kekuningan dan berbau besi.
                    Kemarin sy sdh panggil yg ngebor katanya karna musim kering aja harus tunggu sekitar 1-2bln baru bs tdk bau dan kuning.
                    Solusinya gmn ya pak.?
                  3. Iy pak,padahal saya ad sumur kedalaman sekitar 17 mtr dan itu jernih tdk berbau karna musim kemarau ini sumurnya mengering.harus menunggu ada air bru bs di sedot.
                    Maka dr itu saya ambil keputusan utk pakai jet pump dan buat titik pengeboran yg tdk jauh dr sumur.tp hasil yg di dapat sudah 2minggu ini air msh kekuningan dan berbau besi.
                    Kemarin sy sdh panggil yg ngebor katanya karna musim kering aja harus tunggu sekitar 1-2bln baru bs tdk bau dan kuning.
                    Solusinya gmn ya pak.?
                  4. Musim kemarau yang lama ini memeang mempengaruhi kualitas air yang kita dapatkan. Awalnya saya juga begitu tapi setelah 5 tahun air yang saya dapatkan menjadi bau dan dinding bak mandi cepat hitam. Setau saya kalau bau besi susah hilangnya. Kenapa harus 1 bulan - 2 bulan? Kalau keruh munkin 2 mingguan hilang kalau bau susah hilang. Mungkin dimusyawarahkan lagi dengan pihak pengebornya pak.
                23. Perkenankan bu Azra sy menceritakan sedikit pengalaman saya atas pekerjaan Jasa Pratama (Reza & Zul) yg juga pernah dipakai oleh Ibu Azra.

                  Tgl 22 Sep 2015 sy melakukan pengeboran di rumah saya daerah Jakarta Barat dan diselesaikan dalam 3 hari. Rencana mau 60m tapi yg tercapai hanya 48m. Tetapi setelah selesai keesokan harinya pompa saya harus dipancing sebanyak 3 gayung setiap harinya. Saya sudah melapor dan sulit sekali ditanggapi oleh Zul dengan alasan tidak ada orang, lokasi jauh, sedang keluar kota dll. 2 minggu kemudian Zul datang dan hanya lihat2 saja ngobrol tanpa membawa orang utk perbaikan dan akhirnya menyarankan saya utk mengecek pompanya dahulu. Sudah saya cek pompa dengan memanggil specialis pompa dan terbukti pompa saya tidak ada bocor sama sekali dan analisa tukang pompa bahwa ada kebocoran halus pada pipa atas sehingga hanya butuh 3 gayung utk memancing. Ketika saya kontak Reza juga tidak menyelesaikan masalah dan menyalahkan klep saya merk KITZ padahal logikanya saya memakai 2 klep yaitu yg pertama di mata jet Shimizu dan di bawah KITZ. Itu juga yang menyarakankan adalah Zul (adik Reza) lebih baik memakai 2 klep jadi tidak mungkin bocor selamanya. Salah satu bocor ada cadangan satunya. Yah sama saja baik Zul & Reza kelihatannya sudah melepas tanggung jawab dengan alasan tidak ada orang, bingung mesin bor juga pada nganggur, mau mencari orang di Aceh, tunggu tukang pompa balik dari kampung dll... Karena sudah lebih dari 1 bulan tidak ada komitmen utk menyelesaikan tanggung jawab kebocoran akhirnya saya putuskan tidak akan menunggu lagi karena mereka memakai jurus mabuk, jurus mengulur waktu, jurus oper dari Zul ke Reza kemudian Reza ke Irwan, jurus jarak kejauhan, jurus tidak ada orang dll.... Bukti SMS masih saya pegang di HP saya. Seharusnya utk Jasa Pratama jika kejauhan jangan diterima order dari saya. Jika sudah terima jalankan bisnis dengan baik.

                  Begitulah pengalaman saya untuk pembaca agar dapat mengambil hikmahnya jika melakukan pengeboran kemudian.
                24. Sumber: https://azraziana.blogspot.co.id/2014/12/membuat-sumur-bor-baru.html

                No comments:

                Post a Comment