Thursday, October 20, 2016

Penjernih Air Sederhana

Penjernih Air Sederhana … Kali ini saya ingin berbagi tentang teknik sederhana untuk membuat Saringan Air Cepat secara sederahana, dimana bahan-bahannya banyak dipasaran dan bisa ditemui di toko-toko material dan toko-toko penjual aquarium.
 Material di Dalam Filter Air :
  1. Pasir Silika : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Fungsi pasir silica adalah untuk menyaring kotoran berukuran kecil yang terbawa bersama air
  2. Zeolit : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Fungsi zeolit adalah untuk menghilangkan kandungan Ca2+ dan Mg2+. Air yang mengandung Ca2+ dan Mg2+ berlebih menyebabkan kualitas air menurun, atau dengan bahasa sederhana biasa disebut dengan “Air Sadah”. Air sadah biasanya berbau dan rasanya seperti kapur.
  3. Ferrolite : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Ferrolite atau Manganese berfungsi untuk menghilangkan unsure Fe (besi). Unsur Fe jika didalam air berbentuk ion Fe2+, jika air yang mengandung Fe2+ berinteraksi udara maka akan berubah menjaddi ion Fe3+ sehingga air akan berwarna kekuningan. Fe3+ menyebabkan karat pada material besi, dan juga berbahaya bagi tubuh.
  4. Karbon Aktif : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Karbon aktif berfungsi untuk menghilangkan bau, dan rasa pada air. Selain itu karbon aktif juga berfungsi untuk menyerap kaporit atau chlorine pada air. Kaporit atau chlorine berfungsi untuk membunuh kuman (disinfectant), namun jika kadarnya berlebih maka dapat membahayakan tubuh manusia.
  5. Cartridge Filter : Di dalam system penjernih air sederhana ini, Cartridge Filter berfungsi sebagai penyaring akhir partikel yang sangat kecil yang tidak terlarut didalam air (Suspended Solid) yang masih lolos pada saringan Pasir Silica. Melalui penyaringan dengan menggunakan Cartridge Filer ini air hasil penjernihan akan menjadi benar-benar jernih. Agar air bisa melewati Cartridge Filter dibutuhkan tekanan air yang cukup tinggi, maka dari itu pastikan pompa yang anda miliki memiliki tekanan yang cukup untuk bisa melewati Cartridge Filter. 
      

Prinsip Kerja System :
Sistem penjernih air sederhana ini dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu : Treatment System dan Back Wash System. Treatment system adalah istilah yang saya gunakan untuk system penghasil air bersih. Sedangkan Back wash system adalah istilah yang saya gunakan untuk proses mencuci filter.

  1. Treatment System : Air mengalir dari Pompa melalui pipa menuju atas Filter Air, kemudian melalui Catridge Filter dan selanjutnya ditampung pada Tangki Penampungan. Pada proses ini item-item yang bekerja adalah :
    1. Pompa : Keadaan ON (Menyala)
    2. Keran-1 : Keadaan Open (Terbuka)
    3. Keran-2 : Keadaan Open (Terbuka)
    4. Keran-5 : Keadaan Open (Terbuka)
    5. Keran-3 dan Keran-4 : Keadaan Close (Tertutup)
  2. Back Wash System : Air mengalir dari Pompa melalui pipa menuju bawah Filter Air dan selanjutnya air tersebut dibuang ke saluran pembuangan. Pada proses ini item-item yang bekerja adalah :
    1. Pompa : Keadaan ON (Menyala)
    2. Keran-1 : Keadaan Open (Terbuka)
    3. Keran-3 : Keadaan Open (Terbuka)
    4. Keran-4 : Keadaan Open (Terbuka)
    5. Keran-2 dan Keran-5 : Keadaan Close (Tertutup)
Perhatian : Air hasil penjernihan ini “Tidak Dapat Langsung Diminum” karena belum melalui proses penghilangan bakteri atau virus yang terkandung didalam air. Air hasil penjernihan ini bisa digunakan untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Untuk bisa diminum maka disarankan untuk melalui proses penghilangan baktreri dan virus melaui UV System.

SUMBER: http://www.cerita-dan-ilmu.net/2013/10/penjernih-air-sederhana.html

No comments:

Post a Comment